Kamis, 07 September 2017

Tips Memilih Spek Minimum PC/Laptop untuk Gaming

Tips Memilih Spek Minimum Memori RAM, Processor, VGA PC Laptop untuk Gaming Budget Sedikit

Tips memilih spek minimum pc-laptop

Punya budget cekak, tapi ingin menikmati bermain game game masa kini? kalau tidak pas mencari spesifikasi hardwarenya, bisa bisa malah cuma dapet sepotong Processor sama VGA saja.

Karena itulah, sebelum membeli hardware, tentukan dulu patokan game seperti apa yang ingin dimainkan serta budget yang ada. Salah satu game jaman now yang populer dan memiliki grafis yang mantap dan bisa jadi patokan adalah Counter Strike : Global Offensive.

Lalu bagaimana dengan kualitas yang didapatkan?

ini tergantung pada seberapa banyak budget anda untuk membeli hardwarenya.
Mari lihat spesifikasi minimum resmi dari Valve untuk CS:GO :

  • CPU: Intel Core 2 Duo E6600 or AMD Phenom X3 8750
  • GPU: 256 MB or more, DirectX 9 compatible
  • Memory: 2 GB RAM

Dengan 3 spesifikasi tersebut anda akan bermain di reso 1366x768 tanpa efek efek dan mendapat 24+FPS. Dan kira-kira anda akan mendapat spesifikasi tersebut di pasaran dengan harga 1,5 Jt (sudah termasuk komponen lainnya).

Sangat murah saia rasa dan dengan tambahan budget 1Jt anda akan dapat bermain di reso 1366x768 dengan efek-efek texture dan cahaya dan mendapat 24+FPS.

Sebelum mulai membeli hardwarenya, simak tips dalam memilih 3 hardware penting untuk gaming berikut ini :

- Processor + Motherboard

Untuk spek si otak komputer ini, pilihlah yang minimal sudah dual core. Processor dengan inti dua (dual core) akan menghasilkan kecepatan Clock yang mumpuni. Apalagi harga processor dual core saat ini semakin bersahabat. Anda bebas memilih mau AMD atau Intel, tapi kebanyakan AMD lebih murah dengan kinerja yang sama dengan Intel.



Jika memang sanggup beli Processor yang bisa di OverClock dan ingin meningkatkan Clock speed dari processor, maka overclocking layak untuk dilakukan. Syaratnya kamu musti berhati-hati. Kalau berbekal coba-coba, sebaiknya jangan. Bisa-bisa malah keluar asap dari dalam CPU kamu.

Untuk seri dual core, Intel punya Intel seri Pentium D, Intel dual core, atau Intel Core 2 Duo. Atau setingkat diatasnya yang Oke tapi mahal dikit ada Intel core 2 Extreme, intel core 2 Quad, core i3, dll. Dan untuk AMD, minimum untuk dual corenya adalah AMD Athlon 64 X2, atau AMD FX. Setingkat diatasnya ada AMD Turion atau Phenom.

Untuk Laptop, dengan melirik spek Processor diatas mungkin sudah bisa buat panduan, tapi buat pengguna PC bisa lebih selektif lagi yaitu dengan melirik Motherboard. Motherboard harus mempunyai chipset yang support sesuai dengan processornya.

- Kartu Grafis (VGA)

Kartu grafis juga merupakan sesuatu yang sangat vital bagi para gamers. Kartu grafis dapat mengambil alih beban kerja yang seharusnya ditangani oleh si processor. Bahkan bisa juga mempertimbangkan untuk membeli processor dengan spek standar, tapi dengan jenis kartu grafis yang tinggi.

Biasanya tiap game mempunyai patokan spek minimum kartu grafis yang beda-beda. Untuk ATI bisa pilih ATI 9250 128 MB, Radeon X1600, atau Radeon HD 3200 256 MB. Dan untuk nVidia bisa pilih nVidia Ge force 6150, GeForce FX 5500 256 MB, atau nVidia GeForce 7600. Atau pilih sendiri yang setingkat.

- Memori

Semakin besar memori akan membuat game yang kamu mainkan semakin lancar tanpa tersendat-sendat. Untuk sekarang ini, RAM (Random Access Memory) sebesar 1 GB DDR3 sepertinya tak akan membebani kantong. Dan memang di label game-game tingkat menengah sering dicantumkan memori minimum adalah 1 GB.

Pada intinya hanya 3 bagian diatas yang sangat vital buat nge-game. Untuk yang lainnya hanyalah sebagai pelengkap. Seperti harddisk, kamu bisa pilih minimum 80 GB SATA 7200rpm.
Untuk layar masih bisa gunakan LCD, atau gunakan LED jika ingin lebih bening dan kantong memang masih mencukupi. Semakin lebar layar akan semakin puas main gamenya.

Dan untuk pengguna PC, bisa pilih speaker yang mumpuni pula, biar suaranya bisa mengggelegar. Percuma kalau cuma memanjakan mata, tapi telinga terasa hampa.

Sekian tips dari saya, maaf jika ada kesalahan kata-kata. Semoga bermanfaat !
Previous Post
Next Post

About Author

0 komentar: